Senin, 23 September 2013

CONTOH DESAIN TEMPAT PEMELIHARAAN KURA DARAT (TORTO)


CONTOH DESAIN TEMPAT PEMELIHARAAN KURA DARAT (TORTO)
Oleh: Agung Prabowo


          Kura darat (torto) memiliki karakter dan habitat yang tentunya berbeda dengan kura air (turtle). Faktor itulah yang membuat orang awam di bidang per-kura-an menjadi bingung. Banyak diantara mereka yang sudah terlanjur membeli tetapi tidak tau menahu tentang habitat kura darat. Kita tidak perlu jauh-jauh ke padang pasir, savana, atau ke hutan untuk memelihara kura darat. Dengan ruang seadanya kita bisa menciptakan habitat buatan yang tentunya harus disesuaikan dengan ukuran kura darat yang kita pelihara.
          Langsung saja kita simak jenis dan desain tempat pemeliharaan kura darat (torto) berikut ini: 
 
1. Desain tempat pemeliharaan kura darat yang berupa terarium 
          Umumnya, terarium merupakan tempat yang terbuat dari kaca atau yang biasa kita sebut akuarium. Selain terbuat dari kaca, tempat ini bisa dibuat dari bahan akrilik. Dengan tempat pemeliharaan seperti ini kita dapat melihat kura kesayangan kita dari depan, samping dan atas.
 



2. Desain tempat pemeliharaan kura darat yang berupa box kayu dan meja kayu
          Lain halnya dengan terarium, tempat pemeliharaan kura yang satu ini terbuat dari bahan lembaran kayu yang dirancang dengan baik sehingga menghasilkan sebuah habitat buatan yang unik bagi kura kita. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak dan tidak membutuhkan ruang yang luas. Tempat pemeliharaan kura darat seperti ini hanya bisa dinikmati dari atas saja. Namun, kalau kita mau menambahkan kaca pada salah satu sisi dinding box kita bisa melihatnya dari depan.



    
 


3. Desain tempat pemeliharaan kura darat yang berupa taman
          Dari bermacam habitat buatan kura darat, mungkin habitat buatan ini lebih mendekati habitat aslinya. Ya, habitat outdoor yang bisa kita rancang di halaman rumah kita untuk kura kesayangan. Kita bisa membuat layaknya taman yang menarik dan dapat pula sebagai penghias sudut rumah kita.





          Beragam contoh desain tempat pemeliharaan kura darat sudah terposting. Semoga ini bisa menjadi refrensi untuk habitat buatan kura darat anda dirumah. Salam hangat KKJ...!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar